Banyak jalan menuju Roma, begitupun dalam membangun atau membuat sebuah usaha. Kita bisa mempelajarinya melalui kisah sukses para wirausahawan dimulai dari keberanian, kesabaran, ketekunan dan kemampuan dalam mengelola usaha secara bertahap hingga sukses. Dari cerita sedih hingga menyenangkan, juga resiko dalam mengembangkan usahanya.
Salah satu untuk membuat usaha adalah BISNIS waralaba yang demakin dipermudah dalam pengbangannya, kita bisa melihatnya melalui iklan ataupun di media sosial. Waralaba adalah bentuk usaha kerja sama antara pemilik waralaba atau pewaralaba (franchisor) dengan penerima waralaba (franchisee) dalam mengadakan persetujuan jual beli hak monopoli untuk menyelenggarakan usaha. Kerja sama ini biasanya dengan dukungan awal seperti pemilihan tempat, rencana bangunan, pembelian peralatan, pola arus kerja, pemilihan karyawan, pembukuan, pencatatan dan akuntansi, konsultasi, standarisasi, promosi, pengendalian kualitas, riset, nasihat hukum, dan sumber permodalan.
Meski menawarkan kemudahan, sejumlah pertimbangan haruslah dilakukan oleh seseorang yang berencana MEMULAI BISNIS waralaba.
Bisnis waralaba adalah jalan termudah untuk pemula yang belum memiliki banyak pengalaman. Dengan pertumbuhan yang cukup pesat, banyak investor yang membeli bisnis waralaba di luar negri maupun lokal. Bisnis ini cepat berkembang karena hakikatnya bisnis ini dapat dimiliki banyak.orang dengan standar mutu produk dan layanan yang sama, juga sukses menarik perhatian pelanggan.
Sebelum memilih bisnis waralaba, ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti:
1. Kumpulkan informasi mengenai bisnis waralaba. Hal ini penting dilakukan sebelum memutuskan jenis usaha apa yang cocok untuk diambil. Karena ada banyak pilihan, seperti bisnis kecantikan, makanan, lembaga pendidikan, mini market, konsultan dan lain-lain. Informasi yang didapat dapat membantu dalam pengambilan keputusan, juga untuk menghindari kesalahan di langkah awal usaha.
2. Pilih jenis usaha yang memiliki potensi besar. Jangan mengambil resiko terlalu besar dalam pengambilan langkah pertama dalam pembuatan usaha. Pilihlah bisnis waralaba yang memang terbukti dapat menarik perhatian pelanggan sehingga memudahkan proses promosi. Usaha waralaba yang kurang terkenal bisa saja tidak menguntungkan dan malah membuang waktu, tenaga dan modal.
3. Persiapan yang matang. (Mental dan modal usaha). Persiapan yang harus dilakukan selain modal uang adalah mental bisnis yang siap menghadapi ancaman dan resiko. Semakin besar usaha tersebut dikembangkan, maka semakin besar ancaman yang akan dihadapi. Mental bisnis yang tahan bantig adalah ciri pebisnis yang akan sukses.
4. Memilih usaha yang tepat (sesuai dengan kemampuan, minat, kompetensi, kondisi dan situasi lingkungan). Dengan memilih usaha yang sesuai dengan minat membuat pebisnis menjadi rela untuk mengaluarkan segala potensi yang dimiliki demi mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Dan mempermudah langkahnya dalam mempelajari bisnis tersebut.
5. Perhatikan modal. (Untuk menghindari resiko kegagalan, perhatikan modal utama yaitu uang juga modal sumber daya seperti; jaringan, kemampuan manajerial, dukungan orang sekitar). Produk yang digunakan juga mempengaruhi kualitas dan mutu usaha, sehingga harus diperhatikan dengan baik.
Usaha franchise yang sukses membutuhkan kemampuan. Terdapat tiga indikator penting yang bisa dijadikan panduan, yaitu:
A. Brand yang sudah kuat dan dikenal. Jika brand yang diambil sudah terkenal, maka tak perli repot dalam mempromosikan usaha, pelanggan akan dengan mudah datang.
B. System, mulai dari sistem kontrol, payroll karyawan, sistem setoran harian. Sehingga tidak akan terjadi kecurangan oleh pihak yang merugikan. Semua harus diperhatikan dengan detail.
C. Support terhadap manajemen, mulai dari rekrutmen karyawan, pencarian lokasi strategis, training karyawan, desain interior hingga quality control, supply bahan baku, dan memastikan semua berjalan sesuai standar.
Hal tersebut antara lain dapat diketahui dari melakukan riset kecil-kecilan. Banyaknya jumlah gerai yang dimiliki sebuah waralaba dapat menggambarkan seberapa diminati dan seberapa menguntungkan waralaba tersebut. Tentunya hal tersebut juga dibandingkan dengan lamanya waralaba itu berkecimpung. Selain itu, perlu juga diketahui bagai mana perkembangan dari bisnis tersebut dari orang-orang yang sudah memilih waralaba tersebut.
Sumber/inspirasi: http://www.ciputraentrepreneurship.com/waralaba/resep-sukses-menjalankan-waralaba
http://m.smartbisnis.co.id/insight/ekspansi-bisnis/tips-penting-memulai-franchise
Tim Penulis, Kewirausahaan, Membangun Uspfaha Sukses Sejak Usia Muda, Salemba Empat: Jakarta
Bisnisukm.com
http://m.bisnis.com
Otak dan kreativitas penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar